Review ZTE Blade S6, Ponsel Pintar Kamera 13Mp Buatan Cina

Salah satu vendor asal negeri tirai bambu yang bernama ZTE berniat meluncurkan ponsel baru mereka, ZTE Blade S6 ke pasaran internasional sejak pertama kali diumumkan pada bulan Januari 2015. Blade S6 sendiri merupakan bagian dari seri ponsel pintar dengan nama “Blade” yang pertama diproduksi pada tahun 2010 dan melahirkan beberapa penerus seperti Blade II dan Blade III.

Spesifikasi Lengkap ZTE Blade S6

ZTE Blade S6 merupakan ponsel paling baru dari ZTE, dan benar-benar baru saja dirilis beberapa saat yang lalu. Ketika dirilis, banyak sekali review ZTE Blade S6 yang bisa dicari hanya dengan sedikit kemampuan untuk mengetik lewat Google. Blade S6 merupakan sebuah ponsel yang ukuran layarnya cukup besar yang oleh ZTE ditargetkan untuk pasar dengan kondisi ekonomi menengah, bukan sebuah ponsel high-end, jadi rasanya agak tidak adil jika membandingkannya dengan ponsel-ponsel canggih bawaan Sony maupun Samsung.

Review Harga dan Spesifikasi ZTE Blade S6

Meskipun ditujukan untuk pasar menengah, bukan berarti ponsel yang memiliki layar 5 inci dan berat yang hanya 134 gram ini memiliki spesifikasi yang jelek juga. Layar besar tadi terbuat dari IPS LCD berjenis layar sentuh kapasitif yang mampu memancarkan 16 juta cahaya dan memiliki resolusi sebesar 720 x 1280 piksel, berarti kedalaman pikselnya adalah sekitar 294 piksel pada setiap incinya. Layar ini sudah bisa mensupport gestur multi-touch dan datang dengan UI hadil modifikasi dari pihak ZTE, yaitu MiFavor 3.0. Di beberapa tempat, ponsel ini juga disebut dengan nama ZTE Blade S6 LTE karena kemampuannya yang sudah bisa memaksimalkan sinyal 4G.

Untuk platform yang digunakan oleh ponsel agak raksasa ini, sistem operasi yang digunakan tak lagi main-main yaitu sistem operasi Android versi 5 yaitu Lollipop. Untuk mengakomodir sistem operasi ini, Blade S6 menyerahkan hampir seluruh proses pada prosesor Qualcomm Snapdragon 615 yang juga datang dalam dua jenis tingkatan. Yang pertama adalah tipe Cortex-A53 berinti empat yang masing-masingnya berkecepatan 1,7 GHz sementara yang kedua adalah Cortex-A53 dengan empat inti berkecepatan 1 GHz masing-masingnya. Sebagai piranti keras pengolah gambar, yang dipilih adalah Adreno 405. Seakan seluruh monster pemrosesan dan komputasi tadi masih belum cukup, ponsel ini memasangkan RAM dengan kapasitas 2 GB sebagai mesin penggerak utamanya. Baca juga: ZTE Grand X Max Terbaru, Phablet Android Kitkat

Fitur-Fitur Milik ZTE Blade S6

Setelah puas mengagumi piranti keras yang dimiliki monster ini, kini kita bisa mulai menelanjangi fitur-fitur yang ia tawarkan. Di bagian belakang dari ponsel ini terdapat sebuah kamera dengan ketajaman 13 megapiksel dan dipersanjatai lengkap dengan fokus auto, dan kilat LED. Kamera belakang tadi mampu menghasilkan foto dengan ukuran 4128 x 3096 piksel dan video beresolusi 1080p yang memiliki 30 frame tiap detiknya. Seluruh foto tadi dapat disimpan di sebuah penyimpanan internal berukuran 16 GB dan eksternal dengan ukuran maksimum 32 GB. Kamera pada bagian depan ponsel ini juga tidak mau kalah, karena ketajamannya cukup bagus yanitu 5 megapiksel. Dengan seluruh fitur yang luar biasa tadi, harusnya kita bersyukur bahwa harga ZTE Blade S6 yang dipatok dari tempat asalnya tidak begitu mahal.

Amat disayangkan bahwa hingga saat ini belum ada berita yang menyebutkan bahwa mereka akan membawa Blade S6 ke Indonesia, sehingga tidak ada harga yang tepat menggambarkan ponsel ini. Jika harga aslinya langsung dirupiahkan, kira-kira Blade S6 bisa dibawa pulang dengan harga sekitar 3 hingga 4 jutaan. Kini kita hanya bisa menunggu hingga ada yang berani membawa masuk ZTE Blade S6.