Samsung Galaxy S6 + Gear VR, Pasangan Gadget Canggih Berikutnya

Smartphone Samsung Galaxy S5 akan segera mendapatkan update Android 5.0 Lollipop yang mungkin tidak akan lama lagi. Dalam update itu sudah termasuk dukungan terhadap gadget canggih Samsung Gear VR. Gear VR adalah gadget semacam kacamata yang menggabungkan smartphone milik Samsung kedalam kacamata itu untuk mendapatkan visual yang belum pernah dirasakan pengguna sebelumnya. Kombinasi antara kedua gadget canggih ini akan menghasilkan pengalaman yang lebih mendalam saat menggunakan smartphone. Meskipun menurut lansiran dari blog berita gadget lokal Kolom Gadget (31/01/2015), update Android 5.0 Lollipop akan tertunda peluncurannya karena Gear VR ini.

Samsung Galaxy S6 + Gear VR

Bukan hanya Samsung Galaxy S5, Galaxy S6 yang direncanakan bakal diumumkan pada ajang Mobile World Congress (MWC) 2015 itu juga dilaporkan bakal membawa dukungan terhadap Gear VR milik Samsung. Perangkat virtual reality ini dijual seharga USD 200. Gadget canggih ini memungkinkan pengguna untuk “seperti” melihat dimensi lain. Anda bisa melihat helikopter meski sebenarnya tak ada helikopter disekitar anda. Anda juga bisa berenang di dalam air meski tak ada kolam renang disekitar anda. Pengalaman yang anda rasakan hanyalah dunia virtual namun terlihat seperti yang dunia nyata.

Kecanggihan Gadget Samsung Gear VR

Bukan hanya itu saja, Gear VR ternyata di klaim lebih mudah diakses dan lebih canggih jika dibandingkan dengan Google Glass yang sudah dihentikan pengembangannya oleh Google. Tentu saja, selain memiliki gadget Gear VR, anda harus memiliki perangkat Samsung yang mendukung. Setidaknya ada beberapa perangkat milik Samsung yang nantinya akan mendukung Gear VR yaitu Samsung Galaxy S5 (menunggu peluncuran update Android 5.0 Lollipop yang membawa dukungan terhadap Gear VR), Samsung Galaxy S6, Samsung Galaxy Edge dan Samsung Galaxy Note 4.

Namun sepertinya jalan Samsung untuk memasarkan tak begitu saja mudah, pasalnya Microsoft saat ini juga mengembangkan teknologi serupa seperti Gear VR. Perangkat virtual reality milik Microsoft bernama HoloLens, sebuah gadget headgear yang benar-benar membawa dunia virtual reality kedalam dunia nyata. Anda bisa mendesain sesuatu hal dengan melihat langsung hal yang anda desain pada posisi dan bentuk yang sebenarnya. Bahkan Microsoft juga mengatakan ada kemungkinan HoloLens akan mendukung Xbox dan PC untuk menjadi gadget permainan yang membawa anda ke dunia permainan yang sebenarnya. Bukan hanya dalam bentu 2D, tetapi 3D sehingga anda seakan-akan berada di dalam dunia mimpi.

Namun meski begitu, tampaknya Gear VR akan lebih dulu memulai debutnya jauh sebelum HoloLens karena Bill Gates mengungkapkan masih perlu beberapa tahun sampai konsumen benar-benar bisa merasakan kecanggihan HoloLens. Jadi untuk saat ini, kita hanya bisa berharap Gear VR bisa benar-benar hadir di Indonesia dan Samsung Galaxy S6 segera diluncurkan.