Cara Upgrade OS Android yang Aman Tanpa Rooting

Bila dalam keseharian kita menggunakan ponsel Android sebagai perangkat berkomunikasi tentu kita sudah tak asing lagi dengan berbagai macam sistem operasi yang setiap saat selalu berkembang dan disempurnakan dari versi pendahulunya. Mulai dari frozen yoghurt yang kemudian disempurnakan oleh ginger bread, kemudian berturut-turut ice cream sandwich, jelly bean, kitkat, hingga Lollypop. Oleh karena itu, pengguna Android selalu berusaha mencari cara upgrade OS Android agar dimungkinkan untuk merasakan berbagai fasilitas canggih dengan versi-versi terbaru. Setiap kali sistem operasi terbaru diluncurkan selalu disertai jaminan bahwa sistem tersebut memiliki berbagai fitur unggulan yang tak dimiliki versi sebelumnya.

Cara Upgrade OS Android

Upgrade OS Android

Cara upgrade OS Android: Aman Tanpa Rooting

Setelah versi terbaru yaitu Kitkat diluncurkan, tak berarti inovasi sistem operasi ponsel Android ini akan berhenti sampai di sini. Di masa mendatang, mungkin akan ada lagi sistem operasi lain yang lebih mutakhir dan canggih. Pada umumnya untuk melakukan upgrade, ponsel kita harus diroot terlebih dahulu, tetapi resiko yang menyertai adalah sistem operasi ponsel yang bisa mengalami error atau kerusakan, atau yang lebih buruk menjadi tak berfungsi sama sekali alias mati total. Bila tak ingin mengalami hal tersebut, berikut ini adalah cara upgrade OS Android yang aman tanpa khawatir software ponsel Anda mengalami kerusakan.

  • Pertama, bukalah menu setting pada ponsel pintar Anda.
  • Setelah itu pilih menu about device yang terletak di bagian paling bawah.
  • Langkah berikutnya adalah memilih menu software update dan Anda akan mendapatkan petunjuk untuk melakukan upgrade software Anda. Lakukan konfirmasi atau persetujuan untuk melakukan update dan tunggulah hingga proses update tersebut selesai.
  • Bila ponsel Android yang Anda miliki tergolong mempunyai software terbaru, maka Anda tak harus melakukan upgrade software lagi.

Salah satu kelebihan operation system Android adalah Anda tak perlu repot melakukan update software terbaru secara teratur. Hal ini tak dapat kita temukan pada sebagian besar smartphone karena untuk melakukan upgrade harus melakukannya dalam beberapa langkah. Resiko kekacauan software pada saat melakukan update sistem operasi ini juga lebih kecil bila dibandingkan dengan sistem operasi yang lain. Dengan meningkatkan level sistem operasi pada ponsel, Anda tentu akan dapat menikmati berbagai fitur terbaru yang lebih canggih dan berguna juga mendapatkan hak sebagai superuser.

Tips dan Cara upgrade OS Android

Satu tips pada saat melakukan update sistem operasi ini sebaiknya pastikan bahwa baterei ponsel Anda penuh. Selain itu gunakan jaringan internet dengan kecepatan yang stabil, atau Anda juga bisa menggunakan jaringan 3G dan wifi yang tersedia di rumah atau kantor Anda. Jangan sampai jaringan terputus saat Anda sedang dalam proses update ponsel Anda. Selain menggunakan langkah-langkah di atas, upgrade juga bisa dilakukan dengan sistem rooting tetapi dengan resiko terserang virus hingga software error.

Baca juga: Tips Mereset Blackberry yang Benar

Sebelum melakukan upgrade sistem operasi Anda harus mencermati spesifikasi atau komponen ponsel pintar yang Anda miliki. Jangan sampai upgrade tersebut membuat ponsel bekerja terlalu over sehingga berpengaruh pada hardware-nya atau malah terlalu rendah sehingga smartphone tak dapat bekerja secara maksimal. Hardware dan software bekerja bersama-sama sehingga modifikasi pada software bisa juga berpengaruh kepada hardware.

Memaksa ponsel bekerja lebih dari kapasitas bawaannya bisa memunculkan gejala-gejala gangguan seperti fitur radio yang tiba-tiba mati, flash kamera yang tidak mau menyala, ponsel yang cepat panas, atau baterei yang cepat habis. Nah, semoga langkah-langkah cara upgrade os android yang aman tersebut dapat menambah informasi IT Anda.