Cara Root Android Jelly Bean 4.2.2 tanpa PC Berbagai Merk Smartphone

Rooting hampir selalu jadi hal yang dilakukan para pengguna smartphone dan cara root Android Jelly Bean tanpa PC menjadi salah satu topik yang paling sering dicari di Internet. Namun, rooting smartphone Android yang kelihatan mudah ternyata bisa juga gagal berkali-kali dan dengan tips ini semoga ketika meroot ponsel pintar Anda, semuanya lancar dan berhasil meski tanpa menggunakan PC.

Cara Root Android Jelly Bean tanpa PC atau Komputer

Cara Root Android Jelly Bean tanpa PC Terbaru

Sebelum masuk ke cara rooting, ada beberapa hal yang perlu dipikirkan, seperti halnya garansi yang bisa hangus ketika ponsel Android telah diroot sendiri; memang hal tersebut ditentukan oleh vendor smartphone pengguna, jadi akan lebih baik apabila masalah ini ditanyakan dulu ke pihak vendor. Setelah oke, baru kita lihat cara rooting di bawah ini:

  1. Karena tidak menggunakan PC, tentu cara paling praktis adalah dengan menginstal atau memasang aplikasi Framaroot di ponsel cerdas Anda.
  2. USB debugging bisa diaktifkan sebagai langkah berikutnya. Selanjutnya boleh langsung ke setting dan developer options. Bagi yang sudah Android 4.2 ke atas, silakan langsung ke pengaturan dan temukan about phone sebelum menekan build number secara berulang sampai ada notifications yang muncul dan berubah jadi pengembang; kemudian balik lagi ke pengaturan/setting dan developer options.
  3. Pada pilihan yang ada di Framaroot, pilih “Instal Superuser” dan pilih Aragon atau Gandalf. Tidak perlu ragu dengan cara root Android Jelly Bean tanpa PC mudah ini, tinggal tunggu prosesnya sampai benar-benar berhasil.
  4. Bila dinyatakan sukses, jangan lupa untuk me-restart smartphone Android dan jangan langsung menggunakannya dulu; atau kalau tidak, lakukan reboot karena kedua langkah ini tepat.
  5. Setelah proses reboot atau restart, boleh langsung masuk ke aplikasi Superuser yang tadi sudah didownload; biasanya sudah terdapat pada menu smartphone. Sukses tidaknya rooting tanpa PC bisa dilihat dari apakah aplikasi tersebut sudah ada di menu ponsel.
  6. Kalau tiba-tiba ingin melakukan unroot, aplikasi Framaroot juga bisa membantu proses unroot dengan cara yang sama mudahnya dengan cara root Android Jelly Bean tanpa PC cepat. Sama saja seperti tadi, aplikasi Framaroot bisa dibuka dan langsung pilih Unroot; Framaroot tidak hanya membantu para pengguna smartphone Android merooting ponselnya, tapi proses unroot juga dibuat jauh lebih mudah.

Baca juga: Tips Mengatasi Hp Android Lemot & Lambat

Meski rooting itu berisiko, tapi ada banyak pengguna Android yang mencari tahu cara rooting yang tepat. Inilah beberapa alasan mengapa rooting itu penting bagi banyak orang yang menggunakan smartphone Android.

  • Daya tahan baterai ternyata bisa ditingkatkan dan bahkan kinerja ponsel bisa dibuat lebih cepat dengan merootingnya. Memang bisa meski tanpa melakukan rooting, tapi ada kekuatan lebih yang diberikan ke ponsel ketika diroot.
  • Mungkin beberapa dari Anda pernah mengalami mendapati banyak iklan ketika menggunakan aplikasi. Dengan merooting smartphone, iklan-iklan yang mengganggu akan diblokir.
  • Cara root Android Jelly Bean tanpa PC diminati banyak orang karena dengan mengetahuinya, ada banyak fitur yang diinginkan bisa didapatkan. Meski kelihatannya mustahil mendapatkan fitur atau aplikasi tertentu karena telah diblokir, rooting bisa membuat hal tersebut jadi mungkin.
  • Rooting juga menguntungkan bagi para pengguna yang suka memakai aplikasi Tasker dan semacamnya karena memang pengguna bisa lebih maksimal dalam penggunaannya.

Ada banyak keuntungan yang rupanya bisa didapat ketika merooting smartphone Android Anda. Dengan cara root Android Jelly Bean tanpa PC di atas, semoga berhasil dan berbagai keuntungan tersebut boleh dialami.