Asus Memo Pad ME572C, Seri Tablet dengan Harga Murah

Pada bulan September di tahun 2014, Asus mengeluarkan Asus Memo Pad ME572C yang merupakan bagian dari Memo Pad, yaitu seri tablet harga rendah yang pertama kali dirilis oleh Asus pada awal tahun 2013. Memo Pad versi baru ini kemudian dirilis pada tahun yang sama di bulan November.

Kini, sudah banyak bisa ditemukan review Asus Memo Pad ME572C di Internet hanya dengan menggunakan google, dan berkat itu juga kita bisa mengetahui spesifikasinya secara mendetil. Yang amat perlu diperhatikan sebelum seseorang membeli Memo Pad baru ini adalah ia bukanlah tablet GSM, yang berarti ia tidak bisa menggunakan sistem GSM beserta aplikasi seperti olah pesan maupun olah panggilan di belahan dunia manapun. Jika itu bukan masalah, maka barulah kita bisa membahas sedikit tentang tablet ini.

Bocoran Spesifikasi Asus Memo Pad ME572C

Tablet ini ukurannya cukup besar dengan tinggi 7,9 inci dan lebar 4,5 inci, tapi ketebalan yang dimiliki bukan main-main, hanya 0,3 inci. Dengan ukuran seperti itu, ponsel ini memiliki berat hanya sekitar 270 gram. Layar dari tablet ini adalah 7 inci dan menggunakan layar sentuh kapasitif IPS LCD dengan 16 juta warna dan resolusi sebesar 1200 x 1920 piksel, yang berarti tingkat kedalamannya adalah sekitar 323 piksel tiap incinya. Hal ini dibuat menjadi jauh lebih baik dengan kemampuan multitouch yang bisa mengakomodir hingga 10 jari di waktu yang bersamaan.

harga ASUS Memo Pad ME572C

Kemutakhiran eksterior tablet ini juga didukung dengan kemampuan yang ditunjukkan oleh komponen-komponen di dalamnya, dimana unit pemrosesan utama yang digunakan adalah  Intel Atom Z3560 yang memiliki 4 inti, dimana masing-masing memiliki kecepatan 1,83 GHz. Prosesor tadi bergantung pada unit pengolah citra PowerVR G6340 dan RAM dengan kapasitas 2 GB untuk membuat Asus Memo Pad ME572C 2015 menjadi pilihan terbaik untuk tablet murah di awal tahun. Untuk sistem operasi sendiri, Asus memilih untuk menggunakan versi 4.4.2 atau yang dikenal dengan KitKat untuk membawa tablet ini ke potensi maksimalnya. Baca juga: Advan Vanbook Windows 8.1, Tablet Terjangkau Berkualitas

Fitur-Fitur Memo Pad ME572C

Sebagai tablet murah, Memo Pad generasi baru ini memiliki kamera 5 megapiksel sebagai kamera utamanya yang mampu mengambil gambar dengan resolusi hingga 2592 x 1944 piksel. Untuk kamera depan, ia dilengkapi dengan kamera berukuran 2 megapiksel. Kamera-kamera canggih tadi tentunya membutuhkan tempat penyimpanan yang juga besar, sehingga pihak Asus memutuskan untuk memberikan 2 pilihan ukuran, yaitu 16 dan 32 GB. Jika masih dirasa kurang, tablet ini juga memiliki slot microSD yang maksimal kapasitasnya adalah 64 GB. Bagi mereka yang tergila-gila dengan multimedia, ukuran penyimpanan yang besar tadi bisa mereka isi dengan file video berformat MP4 atau MKV mengingat tablet ini memiliki decoder H.264, dan untuk audio bisa memutar yang berformat MP3, WAV, AAC, dan WMA.

Dengan harga Memo Pad ME 572C yang ada di kisaran 3 jutaan, baterai yang digunakan oleh tablet ini adalah baterai Li-Po 15Wh yang mampu bertahan lama, mengingat ia tidak perlu mengeluarkan daya untuk mencari sinyal GSM. Tidak adanya kemampuan untuk mengakses internet menggunakan 3G atau 4G bukan menjadi masalah besar karena Memo Pad ME572C ini dilengkapi dengan Wi-Fi 802.11 versi b, g, dan n sebagai sumber konektivitas utamanya. Akan sangat berguna jika kita memiliki portable hotspot untuk menjadi backbone koneksi ketika Indonesia diberi kesempatan menjajal Asus Memo Pad ME572C.