Asus Fonepad 7 2014, Tablet Jitu DualSIM dengan 3 Pilihan Memori

Asus Fonepad 7 merupakan salah satu dari tiga seri komputer tablet yang memiliki kemampuan seluler atau yang biasa disebut dengan nama “phablet” dan dikembangkan oleh ASUS. Seri Fonepad mengambil namanya dari ukuran layar yang mereka miliki, yaitu Fonepad dengan ukuran layar 6 inci yang dirilis pada bulan April 2013, Fonepad 7 dengan layar 7 inci yang rilis enam bulan setelahnya, dan yang terakhir adalah Fonepad 8 berukuran 8 inci dan Fonepad 7 yang sudah ditingkatkan kemampuannya yang dirilis pada pertengahan 2014. Pada bulan Agustus 2014, Asus memutuskan untuk mengeluarkan Asus Fonepad 7 dual SIM yang nama resminya adalah Fonepad 7 2014 edition.

Spesifikasi Asus Fonepad 7 Secara Detail

Ketika pertama kali terdengar kabar bahwa Asus akan mengeluarkan sebuah phablet murah dengan spesifikasi yang lumayan, banyak orang yang buru-buru ingin melihat review Asus Fonepad 7 tersebut dan setia menunggu berhari-hari di Internet hingga akhirnya spesifikasi resmi dari ponsel ini dirilis.

Spesifikasi Asus Fonepad 7

Fonepad 7 Pertama dirilis sekitar 2013 akhir, di beberapa negara pada bulan September dan di beberapa negara lainnya pada bulan Oktober. Phablet dengan berat 328 gram ini menggunakan LCD layar sentuh kapasitif 16 juta warna sebagai pilihan bagian dalam dari layar 7 inci mereka. Resolusi dari layar yang mereka banggakan pada tablet Asus Fonepad 7 adalah 800 x 1280 piksel, yang berarti kedalaman pikselnya adalah sekitar 216 piksel tiap incinya. Sistem operasi yang ada pada tablet ini adalah android Jelly Bean versi 4.2 yang bisa ditingkatkan menjadi KitKat atau android versi 4.4.2. Sistem operasi tadi diangkat menggunakan prosesor berinti dua berkecepatan 1,6 gigahertz dan RAM berkapasitas 1 GB. Baca juga: Asus Zenfone 6, Ponsel Android layar Besar

Bagi yang ingin membeli tablet ini untuk keperluan multimedia, Fonepad 7 datang dengan tiga tipe yang berbeda, dimana perbedaan masing-masingnya adalah di bagian penyimpanan internal dari phablet ini, yaitu 8 GB, 16 GB, dan 32 GB. Jika dirasa masih belum cukup, ada slot microSD dengan kapasitas maksimal 32 GB. Untuk kamera utama, ketajamannya adalah 5 megapiksel dan mampu mengambil gambar berukuran 2592 x 1944 piksel. Untuk video sendiri, ia bisa menangkap video beresolusi 1080p dengan 30 frame tiap detiknya. Yang membuat orang makin tergila-gila adalah harga Asus Fonepad 7 yang amat murah, dimana harga barunya bahkan tidak mencapai angka 2 juta rupiah.

Fonepad 7 Versi 2014

Setelah dinilai sukses, Asus melihat bahwa ada kesempatan untuk mengeluarkan versi baru dari Fonepad 7 ini bersamaan dengan dirilisnya Fonepad 8. Fonepad 7 versi 2014 ini memiliki spesifikasi dan harga yang berbeda jika dibandingkan dengan pendahulunya, dimana versi terbaru ini mampu menggunakan 2 kartu SIM yang berbeda, sehingga kadang ponsel ini juga dikenal dengan nama Fonepad 7 Dual SIM.

Berat dari phablet ini berkurang hingga kini menjadi 290 gram dengan layar yang kini hanya memuat sekitar 170 piksel tiap incinya, sehingga resolusi maksimalnya adalah 600 x 1024 piksel. Untuk sistem operasi yang digunakan oleh phablet ini adalah Android versi 4.3 yang memiliki kode nama Jelly Bean, dimana sistem operasi tersebut diangkat oleh Intel Atom berinti dua dengan kecepatan 1,2 GHz. Pilihan memori penyimpanan internal kini hanya 4 dan 8 giga, dan melihat dari kesuluruhan spesifikasinya yang lebih rendah, amat jelas bahwa phablet ini merupakan versi low-end dari Asus Fonepad 7.