Apa Itu Root Android Kelebihan dan Kekurangannya

Android adalah salah satu prestasi terbesar Google. Bagaimana tidak, sistem operasi ini sukses menyita perhatian para pengguna gadget di seluruh dunia. Pemilik gadget berbasis android disuguhkan dengan aplikasi-aplikasi yang menarik dan komunikatif secara gratis. Tidak heran jika rooting menjadi populer di kalangan pengguna android. Apa itu root android? Apa saja kelebihannya? Dan apa resikonya terhadap ponsel pintar anda? Berikut adalah penjelasannya.

Apa itu root android

Apa Itu Root Android dan Kelebihannya?

Root juga dikenal dengan istilah jailbreak. Secara harfiah, jailbreak berarti bebas dari penjara. Artinya, dengan rooting, ponsel anda akan bebas dari hambatan atau batasan-batasan yang berkaitan dengan versi android yang digunakan. Jadi, yang dimaksud dengan apa itu root android adalah upaya memodifikasi serta meng-update Read Only Memory (ROM) alias ruang penyimpanan data dalam ponsel kesayangan anda. proses ini memberikan hak tanpa batas kepada anda untuk mengakses dan melakukan kustomisasi performa OS. Bahkan, anda bisa menambah atau bahkan menghapus fitur yang tidak anda inginkan pada sistem operasi android bawaan.

Lalu, apa saja kelebihan root android yang bisa anda nikmati? Yang pasti, anda bebas meng-install atau memasang aplikasi apa saja yang anda butuhkan dan memerlukan Akss Root, seperti Link2SD, App2Card, Titanium Backup, Wi-FI tehther, dan berbagai aplikasi lainnya. Selain itu, root android memberikan berbagai kelebihan, seperti:

  • Selama proses instalasi atau reset setting pabrik, anda bisa mem-backup aplikasi dan sistem operasi, sehingga anda tidak perlu meng-install ulang aplikasi tersebut.
  • Anda bisa meng-update sistem operasi android ke versi yang lebih tinggi
  • Memaksimalkan kinerja ponsel melalui overlock prosesor
  • Anda bisa menggonta-ganti theme sesuai keinginan

Namun, berbagai kelebihan root android di atas juga perlu ditimbang dengan beberapa kelemahannya. Meski anda menikmati kebebasan untuk meng-upgrade android ke versi yang lebih tinggi, ada beberapa resiko root android yang perlu diwaspadai.

Kekurangan Root Android

Pemilik ponsel baru yang masih dalam periode garansi harus menimbang betul kebutuhan root android. Ini adalah kekurangan root android yang paling utama: yakni, menghilangkan garansi. Namun, masalah ini tetap bisa diakali. Caranya adalah dengan unrooting ponsel dan mengembalikannya ke setting asli pabrik (factory reset), sehingga kondisinya kembali ke awal. Resiko rooting berikutnya adalah ponsel menjadi lebih rentan terhadap serangan, seperti hacking, virus, atau perangkat perusak. Untuk itu, sebaiknya lakukan instalasi perangkat anti-virus jika ponsel sering anda gunakan untuk internetan.

Kemudian, proses rooting dapat mempengaruhi sistem kerja ponsel jika tidak dilakukan secara seksama atau jika ponsel digunakan oleh orang yang tidak memiliki pengetahuan tentang OS android. Meski kemungkinannya kecil, kekurangan root android berikutnya adalah resiko kegagalan saat proses jailbreak. Namun, jika hal ini sempat terjadi, maka proses rooting akan membutuhkan waktu lama karena harus dimulai dari awal atau ponsel anda bahkan bisa mati total.

Baca juga: Cara Root Android Jelly Bean 4.2.2 tanpa PC

Ponsel yang dipaksa bekerja di atas kemampuannya tentunya akan tetap terpengaruh akibat rooting. Ponsel bisa menjadi lemah atau usianya bahkan lebih pendek dari yang seharusnya. Ponsel yang telah di-jailbreak juga rentan panas jika digunakan secara berlebihan. Sebagai kesimpulan, root android memang menawarkan banyak kelebihan bagi pengguna, khususnya bagi anda yang gemar download game atau aplikasi; namun, apa itu root android, kelebihan, serta kekurangannya mesti dipertimbangkan secara matang, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.